PAHAM JENIS SEGITIGA DARI CODING, KOK BISA?
PAHAM JENIS SEGITIGA DARI CODING, EMANG BISA?
Halo teman teman semua.. hari ini kita akan belajar mengklasifikasi jenis segitiga dengan cara yang berbeda loh..
bukan phytagoras atau Sin Cos Tan.
Tapi.. dengan pemrograman bahasa C.
Oke yang pertama, kalian perlu masukin semua kode pemrograman ini dengan bahasa C.
“Kak, masukin kode nya kemana?”
Kalian bisa pilih mau pakai Jdoodle atau Programiz ya teman teman. Tapi yang kali ini ku pakai adalah Programiz.
Oh ya, tau ngga sih.. semua kode yang teman teman udah coba tadi, ternyata punya arti juga loh. Dan bahkan, kalau kita ngga paham atau salah mengartikan kode nya..bisa mempengaruhi hasil output kita.
wah.. apa ya fungsi perintah di atas?
stdio.h itu singkatan dari “standard input/output header” nah.. dari penjelasan itu aja, kita jadi tau.. kalau fungsi kode ini adalah sebagai input dan output pada sebuah program.
Di sini, kita memulai fungsi utama
main yang akan dijalankan saat program dieksekusi. Dan ada tanda { yang di gunakan untuk memulai sebuah blok kode.“Blok kode, apa tuh?”
Blok kode adalah kumpulan perintah yang dikelompokkan bersama-sama. Selanjutnya bakal kita bahas nih kumpulan perintah perintah nya..
4. int a,b,c;
Hayo.. segitiga ada berapa sisi? Yap, ada tiga. Dan biasa nya kita sebut sisi a,b,c. Makanya, di kode ini.. kita akan memasukkan sisi sisi segitiga yang teman teman inginkan.
5. scanf("%d %d %d", &a, &b, &c);
scanf adalah fungsi yang digunakan untuk membaca input dari keyboard.Sedangkan "%d %d %d" yang akan memberitahu scanf untuk membaca tiga bilangan bulat untuk segitiga kita.6. Baris kosong disini tidak berisi perintah atau kode apapun.. tapi ini berguna untuk memisahkan bagian-bagian yang berbeda dari program yang akan kita lanjutkan setelah nya.
7. if ((a >= b + c) || (b >= a + c) || (c >= a + b))
Di baris ini kita akan tahu apakah ini segitiga atau bukan? Jika satu sisi segitiga lebih besar atau sama dengan jumlah dua sisi lainnya, maka itu bukan segitiga.
if “jika” digunakan untuk memeriksa kondisi ini.|| artinya "atau". Jika salah satu dari kondisi ini benar, maka kondisi keseluruhan adalah benar. 8. printf("bukan segitiga");
Nanti.. baris ini yang akan mencetak hasil segitiga kita yang sesuai dengan sisi - sisi segitiga yang udah kita ketik. printf digunakan untuk menampilkan teks ke layar. Oh ya selain di baris delapan..Kode ini juga di gunakan pada baris ke sebelas, tiga belas, dan lima belas.
9. else
Kode ini tuh.. mirip kayak kita di kasih pilihan lain nya. “Jika kondisi sebelumnya salah, maka lakukan hal berikutnya”.
Kalau di bahasa Inggris else juga di artikan untuk mengatakan "jika tidak..”10. if ((a == b) && (b == c))
apakah segitiga adalah segitiga sama sisi?
&& artinya "dan"Maka, Jika semua sisi (a, b, dan c) sama panjang, maka segitiga ini adalah segitiga sama sisi.
11. printf("segitiga sama sisi");
Kalau kode sisi nya sesuai dengan kode yang ke sepuluh. Maka output akan mencetak “segitiga sama sisi” teman teman.
12. else if ((a == b) || (b == c) || (a == c))
13. printf("segitiga sama kaki");
Jika tidak, periksa apakah segitiga adalah segitiga sama kaki?
Jika dua sisi dari segitiga sama panjang, maka itu adalah segitiga sama kaki.
14. else
15. printf("segitiga sembarang");
Nah teman teman.. Ini artinya segitiga ini adalah segitiga sembarang, di mana semua sisi berbeda panjang.
16. return 0;
“Mengakhiri program” atau artinya program telah selesai
Sekarang ada baris terakhir
Sebelum nya kan tanda nya memulai.
Kalau tanda } yang di gunakan untuk menutup sebuah blok kode.Nah, dari semua kode yang udah kita coba tadi. Kita akan menghasilkan output bentuk segitiga yang berbeda. Kalian cukup masukkan sisi yang kalian ingin kan dulu ya.. setelah itu, kalian jadi tau deh output kalian termasuk jenis segitiga yang mana ya?
1. Segitiga sama kaki
2. Segitiga sama sisi
3. Bukan segitiga
4. Segitiga sembarang









Komentar
Posting Komentar